Header Ads

Tahun Ini Masjid Istiqlal Tak Bagikan Kupon Daging

Ilustrasi sapi kurban di Masjid Istiqlal.
Jakarta,Rakjat - Masjid Istiqlal memutuskan untuk tidak membagikan daging kurban menggunakan sistem kupon sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, pihak masjid langsung membagikannya kepada masyarakat sekitar masjid.
Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Asep Saepudin menjelaskan, hal itu dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat saat menerima daging kurban yang telah dititipkan kepada Masjid Istiqlal.
Setidaknya hingga saat ini, sudah ada 26 ekor sapi dan 17 ekor kambing yang telah dititipkan ke Istiqlal, di antaranya sapi milik Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla hingga Megawati Soekarnoputri.
"Ini titipan (mereka), namun tidak di distribusikan secara langsung di Masjid Istiqlal. Ini mengingat kondisi dan situasi keamanan bagi jemaah sendiri. Sebetulnya, untuk keselamatan juga ya," tutur dia saat ditemui di kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu 22 Agustus 2018.
Lebih lanjut, Asep mengatakan, pihaknya sudah mendata penerima daging kurban Istiqlal. Namun begitu, dia belum menyebutkan jumlah dan cakupan wilayah dari penerima daging kurban tersebut secara rinci.
Pembagian tersebut dikatakannya akan dilakukan langsung setelah pemotongan hewan kurban yang akan dilaksanakan usai salat Ashar, atau tepatnya pukul 16.00 sore.
"Insya Allah akan dilaksanakan sore, tapi itu pun melihat kondisi pada saat nanti. Rencananya jam empat. Dan kami sudah ada kantong-kantong duafa, fakir miskin, yang memang begitu selesai langsung kita kirim hari ini juga sampai malam untuk sampai di yang bersangkutan. Sudah ada kantong-kantong yayasan jadi tidak antre," tutur dia.
Diberitakan sebelumnya, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah menjelaskan, pembagiaan daging kurban memang tidak akan lagi menggunakan sistem kupon, namun akan langsung dibagikan ke masyarakat sekitar Istiqlal terlebih dahulu seperti di kawasan Jalan Wahidin, Pasar Baru maupun Kemayoran.
"Pembagiannya diantar langsung ke masyarakat. Yang paling dekat, tetangga Istiqlal itu seperti di Pasar Baru, Jalan Wahidin, Kemayoran, dan lain-lainnya. (Namun jumlah yang dibagikannnya) belum tahu, karena tergantung daging sapinya," tutur dia saat berbincang dengan VIVA, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa malam, 21 Agustus 2018.(**)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh PLAINVIEW. Diberdayakan oleh Blogger.