Kunjungi Kota Palu, Provinsi Bengkulu Serahkan Bantuan Dana Pembangunan

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berbincang dengan Walikota Palu Hidayat

Palu, Rakjat.com - Tunjukkan rasa peduli terhadap sesama, Pemerintah Provinsi Bengkulu berikan bantuan dana pembangunan sarana ibadah, sarana pendidikan dan kesehatan bagi Kota Palu, Rabu(28/11).

Bencana alam gempa bumi yang cukup dahsyat beberapa waktu lalu, meluluh lantakan berbagai sarana dan prasarana yang ada di Kota Palu. Terlebih, fenomena likuifaksi yang terjadi di kawasan Petobo.

Sesampainya di Kota Palu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta istri Derta Wahyulin dan rombongan langsung tinjau Petobo, salah satu daerah terparah akibat gempa bumi 7,5 SR dan tsunami pada 28 Oktober 2018 di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Usai meninjau lokasi, Rohidin bersama rombongan disambut hangat Walikota Palu Hidayat diruang kerjanya. Dalam perbincangan hangatnya dengan Walikota Palu, Rohidin menyampaikan rasa berduka yang dirasakannya dan masyarakat Provinsi Bengkulu. Mengingat Kota Palu dengan Provinsi Bengkulu memiliki potensi bencana gempa yang cukup tinggi.

Petobo merupakan salah satu daerah yang terkena dampak Likuifasi. Daerah ini satu perkampungan bergeser dan tertimbun lumpur. Tak hanya Petobo, Rohidin beserta rombongan juga akan meninjau beberapa titik-titik yang terdampak gempa.

Selain Petobo, Perumnas Balaroa juga masuk daerah yang tertelan bumi, serta sepanjang Pesisir Pantai Dupa 10,9 meter dengan jumlah korban 2071 meninggal dunia, terbanyak korban di Kota Palu Petobo dan Pesisir Pantai.

"Kita datang ke sini untuk melihat langsung dan untuk menyampaikan bela sungkawa," ungkap Plt Gubernur Bengkulu.


Kerusakan di sini, tambah Rohidin, benar-benar parah. Pohon begeser dan rumah-rumah tertimbun tanah dan lumpur. Bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Bengkulu sebesar Rp300.000.000 yang merupakan bentuk kepedulian masyarakat Provinsi Bengkulu.

"Duka Palu merupakan Duka Indonesia," tutup Rohidin.

Dalam kunjungannya ke Kota Palu, Plt. Gubernur Bengkulu didampingi, Plt Bupati Bengkulu Selatan, Wakil Bupati Bengkulu Utara, Wakil Bupati Seluma, Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bengkulu dan tentu saja didampingi pemerintah Kota Palu.(DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.