Majukan Bengkulu, Mendes akan Pertemukan Bupati dengan Jajaran Menteri


Menteri Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo ketika melakukan sesi wawancara dengan awak media
Bengkulu, Rakjat.com — Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo akan pertemukan Kepala daerah se-Provinsi Bengkulu dengan jajaran menteri lainnya guna bahas kemajuan Indonesia khususnya di Daerah Bengkulu. Hal ini disampaikan dalam wawancaranya dengan awak media, Jumat(16/11).

Eko Putro Sandjojo yang diagendakan menghadiri kegiatan Bengkulu Expo dan Festival Bumdes yang diselenggarakan di Sport Center Kota Bengkulu. Pertemuan yang dimaksud Mendes PDTT ini bertujuan membahas pembangunan daerah dari berbagai aspek terutama infrastruktur.

Tentu saja, pertemuan yang ingin dilakukan tersebut merupakan upaya Eko memajukan daerah-daerah yang dinilai masih tertinggal layaknya beberapa daerah yang ada di Provinsi Bengkulu. Tak hanya itu, Eko juga tingkatkan kerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna optimalkan pembangunan di daerah.

“Jadi saya mau bawa Bupati-bupati untuk bertemu dengan kementerian terkait seperti PUPR, Perhubungan, agar insfrastruktur dapat dibantu. Ini juga, saya bawa BNI dan BRI. Jadi nanti dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, semua Desa-desa yang ada di Provinsi akan terbentuk BUMDes dan akan menjadi cabang BRI dan BNI. Jadi masyarakat kalau mau menabung mau mengambil uang gak jauh-jauh ke Kota, cukup di BUMDes-nya masing masing,” ujar Eko.

Eko juga meminta Kepala daerah untuk berkoordinasi dan mendampingi Kepala desa untuk membuat program-program yang bersentuhan secara langsung dengan pembangunan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kemudian saya minta kepada seluruh Bupati agar menyarankan kepada kepala desanya, infrastruktur yang sudah cukup mulai di prioritaskan pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan perekonomian desa untuk penggunaan dana desanya. Karena kita tau di desa-desa lain, pemberdayaannya berhasil, BUMDes-nya cukup berhasil, pendapatan BUMDes lebih besar daripada dana desanya,” tambahnya.(DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.