Nopian Minta Honor Kader Diperjelas



Bengkulu, Rakjat.com – Peran kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dinilai penting, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Nopian Andusti minta honor kader dianggarkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Daerah di wilayahnya masing-masing.

Hal itu diungkapkannya, saat membuka secara resmi Jambore/Orientasi Gerakan Institusi Bangkit (GESIT) bagi Kader PPKBD, disalah satu hotel, Jumat (23/11).

Menurutnya, peran PPKBD dan Sub PPKBD bagi pembangunan di daerahnya sangatlah penting, terutama dalam segi pembinaan dan sosialisasi tentang keluarga berencana di desanya.

Untuk itulah, Nopian berharap bupati atau walikota dapat memperhatikan tenaga PPKBD untuk dapat diberikan honor berdasarakan SK bupati dan walikota, sehingga mereka akan mendapatkan gaji dari sumber yang sah.

“Saya minta para pendamping untuk dapat menyampaikan kepada kepala dinas masing-masing agar dapat ditingkatkan, sehingga para bupati dan walikota dapat mengeluarkan  SK honor mereka,” tegas Nopian.

Selain itu,  dirinya juga berharap agar honor mereka dapat ditampung melalui APBD Desa. Karena menurutnya, para Kader PPKBD ini merupakan bagian dari  institusi yang ada di Desa.

“Hal ini untuk menunjang dan mendukung tugas para kader PPKBD dan Sub PPKB ini,” ujarnya.

Karena para kader PPKBD ini bukan hanya dalam konteks sebagai tenaga untuk mendistribusikan alat kotrasepsi saja, namun lebih dari itu, kata Nopian lagi, mereka ini sesungguhnya merupakan kader di desa yang  berperan aktif dalam pembangunan desa.

“Oleh sebab itu, desa harus berpartisipasi dan berkontribusi  untuk memberikan honor bagi mereka ini,” tutupnya.

 Kegiatan Orientasi GESIT bagi kader PPKBD ini diiukuti 138 orang PPKBD yang berasal dari Kampung KB se-Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kader PPKBD khususnya yang berada dalam Kampung KB, dalam rangka implementasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga KKPBK guna akselerasi pencapain target dan kinerja program KKBPK dilapangan.(MC/DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.