Pemprov Makin Serius Wujudkan Komitmen Good and Clean Government

Plt. Gubernur Bengkulu menabuh dol sebagai simbolik peresmian

Bengkulu, Rakjat.com – Wujudkan komitmen Pemerintahan good and clean government, Pemerintah Provinsi Bengkulu resmikan perencanaan terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) keuangan yakni e-Planning dan e-Budgeting, di Gedung Serbaguna Provinsi Bengkulu, Jumat (23/11).

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama seluruh Kepala Daerah dan Ketua DPRD se-Provinsi Bengkulu dalam implementasi e-Planning dan e-Budgeting serta peningkatan kapabilitas APIP dan SPIP ke level 3.

“Ini seluruh Kabupaten/Kota serentak kita launching, ini pertama di Indonesia launching e-budgeting dan e-Planning Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Provinsi Bengkulu, ini pertama kalinya,” jelas Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Penyelenggaraan pemerintah berbasis teknologi, dengan pengawalan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) ini merupakan strategi yang paling efektif untuk mewujudkan good and clean government.

“Kita harapkan ini menjadi kontrol dasar artinya program itu betul – betul dari awal dientri diikuti dengan dokumen – dokumen dasarnya, kemudian sampai ke standar harga kemudian nanti semua program itu akan terkontrol dengan standar – standar yang benar, itu akan bagus sekali,” jelas Rohidin Mersyah.

Rohidin Mersyah juga menambahkan pada tahap awal ini Pemprov Bengkulu harus bekerja ekstra khususnya Bappeda dalam melakukan entri semua program Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang sangat besar.

“Tahun pertama saya kira pasti membutuhkan effort yang ekstralah agar bisa melaksanakan dengan baik,” terang Rohidin Mersyah.

Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP RI Gatot Darmasto yang hadir dalam kesempatan ini memberikan apresiasi kepada langkah Pemprov Bengkulu. Melaunching e-Planning dan e-Budgeting serentak bersama seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu.

 “Luar biasa sekali di Provinsi Bengkulu ini serentak dari Provinsi sampai Kabupaten/Kota semuanya menerapkan secara sekaligus, kami siap 24 jam BPKP membantu seluruh Pemda yang ada,” dukung Gatot Darmasto.

Tampak hadir dalam launching ini Kepala BPKP Perwakilan Bengkulu Bram Brahmana, Bupati/Walikota se Provinsi Bengkulu, Kepala OPD Prov. Bengkulu, serta tamu undangan lainnya. (MC/DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.