Header Ads

Tak Lulus CPNS? Ini Solusi dari Warita


Bengkulu, Rakjat.com - Dibukanya Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi peluang masyarakat mendapat pekerjaan 'aman', dilain sisi tak sedikit juga yang gagal dalam tes ini. Maka dari itu, Warita memberikan tips dan motivasi bagi para pejuang tes yang tidak berhasil.

Ribuan masyarakat Indonesia saat ini tengah bertarung mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dengan banyaknya jumlah pendaftar dan hanya beberapa saja yang dibutuhkan, tentu menyisihkan banyak pejuang CPNS.

Kendati demikian, Warita menilai gagalnya para pejuang CPNS tidak menjadi tolok ukur kesuksesan seseorang. Karena setiap orang memiliki jalur suksesnya masing-masing.

Yang perlu diingat, kegagalan bukan bencana melainkan batu loncatan dan pecut semangat bagi jiwa-jiwa yang kuat. Untuk itu, ketika gagal dalam menjalani sebuah proses maka harus terus berusaha dengan jalan-jalan lainnya.

Warita yang sedaei dulu hingga saat ini berjuang dengan kegigihan dan kerja kerasnya merintis sebuah usaha advertising bersama sang suami tentu bukan perkara mudah. Banyak rintangan dan hambatan disetiap usaha yang dijalani.

Artinya, bagi peserta yang gagal mengikuti proses seleksi CPNS, tidaklah salah memilih jalan menjadi pengusaha kecil-kecilan. Memang tidak dipungkiri rasa gengsi dan minder menjadi pedagang masih menghantui para pemuda kita saat ini.

Ingat apapun profesi atau jalan hidup yang ditekuni pasti tidak akan berjalan mulus mencapai kesuksesan. Menjadi PNS pun tidak bisa menjamin kebahagiaan karena bila salah langkah bisa-bisa dipecat langsung oleh atasan.

"Untuk itu mari mulailah dengan hal-hal yang sederhana. Misal dengan berkonsultasi dengan pak Lurah setempat untuk membahas soal prosedur peminjaman modal us jugaaha melalui program SAMISAKE Walikota. Atau bisa ikuti pelatihan yang ada di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi atau di Kota Bengkulu. Agar dengan program pelatihan kewirausahan secara gratis maka akan ada modal skill atau kemampuan terhadap sebuah usaha yang akan ditekuni," saran Warita.(DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.