Cegah Penyalahgunaan, Disdukcapil Musnahkan Ribuan e-KTP


Bengkulu, Rakjat.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu bersama pihak kepolisian musnahkan ribuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah tidak aktif lagi, Selasa (18/12).

KTP elektronik yang dimusnahkan merupakan KTP warga Kota Bengkulu yang berganti nama, status ataupun pergantian alamat selama satu tahun kebelakang sehingga KTP tersebut sudah tidak digunakan lagi. Menurut keterangan Sudarto, Kadis Dukcapil, ada 2.527 lembar KTP elektronik yang dimusnahkan.

Didampingi Kasat Reskrim Polres Bengkulu AKP Indramawan, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bengkulu Rizal Edison serta beberapa anggota Kepolisian dari Polres Bengkulu, jajaran Dinas Dukcapil Kota Bengkulu memusnahkan ribuan e-KTP tersebut dengan cara dibakar.

Pemusnahan e-KTP ini dimaksudkan untuk menghindari adanya penyalahgunaan dan tindak pidana lainyya yang dikhawatirkan merugikan orang lain. Sebelum dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar, e-KTP sudah dipotong sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kemudian juga berdasarkan instruksi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui surat edaran Kementerian Dalam Negeri.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, mungkin untuk pemalsuan identitas, lebih baik kita bakar atau kita musnahkan sesuai dengan instruksi dari bapak Dirjen, melalui surat edaran dari Menteri Dalam Negeri," ujar Pakde, sapaan akrab Sudarto.

Ditahun-tahun sebelumnya, KTP yang rusak ataupun adanya pergantian identitas dikirim ke Jakarta, di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna penindakan yang lebih lanjut. 

"Karena ada kasus kemarin, dari pak Menteri itu harus dihapus atau dimusnahkan," tutupnya.(DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.