Kepahiang Dapatkan Program Desa Terang GNTI



Bengkulu, Rakjat.com- Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) akan terangi dua desa di Kabupaten Kepahiang melalui program Desa Terang. Penyerahan program desa terang ini diserahkan Rabu (20/12).

Pada Program Desa terang ini, GNTI akan memberikan bantuan listrik bertenaga surya atau lebih dikenal dengan solar cell secara gratis kepada masyarakat di dua desa di Kabupaten Kepahiang yang belum memiliki aliran listrik. Selain bantuan solar cell, GNTI juga akan memberikan lampu penerangan jalan umum untuk dua desa tersebut.

Koordinator Nasional (Kornas) Program Desa Terang GNTI, Sri Sutarti mengatakan penyerahan pertama bantuan ini dilakukan di desa Sengkuang dan Bukit Sari Kabupaten Kepahiang.

"Program desa terang merupakan gagasan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI 2018/2019,"ucapnya.

Dalam program Desa terang, Sambung Sri Sutarti, warga pedesaan di Provinsi Bengkulu yang belum memiliki daya listrik akan diberikan bantuan listrik berbentuk tenaga surya (solar cell). 

"Ini merupakan program desa terang dan gagasan dari Kemendes PDTT," jelasnya.
Selain itu juga, tidak ada syarat khusus bagi warga yang ingin mendapatkan bantuan ini dan yang jelasnya mereka sama sekali belum memiliki jaringan listrik.

Kedepan, GNTI berencana memberikan bantuan tersebut keseluruh wilayah Provinsi Bengkulu yang masih kekurangan pasokan listrik. Kendati demikian, hingga saat ini GNTI baru mendapat data dari Kabupaten Mukomuko, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Selatan, dan Kaur.

Oleh karena itu, GNTI berharap Pemerintah Daerah dapat bekerjasama dalam memberikan data valid terkait kebutuhan masyarakat desa akan pasokan listrik.

"Data ditunggu sebelum tanggal 7 April 2019, karena pada waktu itu akan digelar launching desa terang secara langsung oleh Presiden RI,"pungkasnya.(DPS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.