Sinergi Kemen ESDM dan Pemkot Bengkulu Wujudkan Energi Berkeadilan


Bengkulu, Rakjat.Com - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) , Akhmad Syakhroza mengatakan energi berkeadilan merupakan salah satu program dari kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  yang dapat dinikmati masyarakat. Salah satunya adalah penerangan jalan umum, sumur bor untuk masyarakat yang kekurangan air, dan program pendistribusian dan pemasangan paket konverter kit (konkit) Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg untuk kalangan nelayan dan petani.
"Banyak program kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  yang dapat langsung dinikmati masyarakat, seperti penerapan jalan umum, ada pembuatan sumur bor untuk masyarakat yang kekurangan air, rooftop tenaga Surya diatas atap, yang bisa diberikan kepada puskesmas, pesantren. Juga untuk nelayan akan lebih bagus jika menggunakan LPG dibandingkan dengan solar," kata Akhmad Syakhroza, yang ditemui tuntasonline.com pada Selasa, 9 April 2019.
Akhmad Syakhroza mengatakan jika dengan nelayan beralih bahan bakar ke LPG maka akan lebih hemat bagi si nelayan. Tidak hanya itu, hal ini juga akan diterapkan pada petani. Dimana bahan bakar mereka akan diganti ke LPG. Ini dapat berpengaruh pada penekanan modal saat cocok tanam.
"Saya harapkan dari program program yang saya paparkan tadi dapat diaplikasikan oleh Pemerintah kota Bengkulu, guna dilanjutkan langsung ke masyarakat," ucap Akhmad Syakhroza.
Putera asli Bengkulu ini juga menegaskan jika pihaknya siap untuk membantu pemerintah kota Bengkulu, untuk dapat menetapkan program ESDM tersebut. Apabila terjadi kendala baik maka akan segera dikoordinasikan, misalnya langsung ke pihak PLN.
Hal ini pun disambut baik oleh pemerintah kota Bengkulu, yang diwakili oleh wakil wali kota Bengkulu, Dedy Wahyudi.
"Konsep pembangunan ini kan ada pusat dan daerah, daerah punya keterbatasan dan pusat punya anggaran. Dan kita telah melakukan lobi dengan pemerintah pusat, hari kita juga telah mendapatkan bantuan lampu 200 unit dan sumur bor antara 5 sampai 10. Ini kita akan tambah usul lagi," kata Dedy Wahyudi.
Wakil wali kota Bengkulu ini mengatakan dengan datangnya Irjen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) , Akhmad Syakhroza akan membawa angin segar, terutama untuk jumlah bantuan yang akan diberikan ke kota Bengkulu.
"Kemudian ada juga bantuan mesin tempel buat nelayan dan hidrotraktor untuk petani. Apalagi dengan kedatangan pak irjen yang putera asli Bengkulu yang sangat welcome untuk kota Bengkulu." Tutupnya.(R25)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.