Mengenal Lebih Jauh Sosok Rohidin, Anak Petani Menjadi Gubernur




Bengkulu,Rakjat.com - Rohidin Mersyah, anak petani yang lahir di Desa Gelumbang, Kecamatan Manna Bengkulu Selatan adalah laki-laki cerdas dengan torehan prestasi akademik membanggakan. Alumni Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada ini mulai meniti karir menjadi Pegawai Negeri Sipil di Pemda Bengkulu Selatan. Dirinya yang haus akan ilmu pengetahuan, terus mengenyam pendidikan hingga meraih gelar Doktor.
Saat usia 40 tahun, Rohidin yang aktif dalam organisasi sejak SMA, diberikan amanah sebagai Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2010-2015. Saat itu, dirinya mendamping Reskan Effendi Awaludin. Usai akhir jabatan periode itu, nama Rohidin Mersyah pun santer dan digadang-gadang menjadi calon bupati. Maklum saja, jiwanya yang enerjik, supel, dan cerdas menjadikan namanya menduduki puncak survei elektabilitas.
Namun siapa sangka, Pilkada 2015 mewajibkan dirinya melepaskan status PNS. Rohidin pun mengambil keputusan dan akhirnya maju Pilkada. Tapi kali ini dirinya maju di tingkat provinsi. Rohidin yang berpasangan dengan Ridwan Mukti akhirnya terpilih menjadi pemenang dalam pemilihan serentak 9 Desember 2015. Pada 12 Februari 2016, Presiden Jokowi melantik Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu periode 2016-2021 di Istana Merdeka.
Bersama Ridwan Mukti, dirinya menyusun program prioritas agar Provinsi Bengkulu bisa lepas dari status tertinggal, dan berupaya menekan angka kemiskinan yang tergolong akut. Bukan itu saja, transformasi birokrasi pun dilakukan agar tercipta pelayanan prima, baik untuk masyarakat maupun untuk investor.
Menjabat Pelaksana Tugas Gubernur
Pria kelahiran 9 Januari 1970 ini diberikan amanah sebagai Pelaksana tugas Gubernur. Mendagri sampaikan Surat Keputusan usai sang Gubernur ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantas Korupsi. 22 Juni 2017 di Kantor Kemendagri saat itu, Rohidin tak banyak yang diucapkan. Menurutnya, perjuangan selama Pilkada dan niatnya menghibahkan diri bersama Ridwan Mukti membangun Bengkulu masih benar-benar ia rasakan.
Dirinya bergegas memberikan support dan motivasi ke seluruh pegawai pemerintahan. Meneruskan program pembangunan dan juga mencari terobosan-terobosan untuk mencapai target pembangunan yang dicita-citakan. Di tengah terseok-seoknya serapan anggaran, Rohidin terus lakukan penyesuaian dan juga gebrakan.
Dengan tetap berpegang pada prinsip Integritas, dirinya juga mendorong proses pembangunan berjalan sesuai jadwal. Program Strategis Nasional yang diusulkan dan ditetapkan untuk Provinsi Bengkulu terus ia kawal. Gebrakan meningkatkan perekonomian juga terus ia upayakan, seperti menjadikan Pelabuhan Pulau Baai sebagai gerbang utama jalur logistik dan komoditas Bengkulu.
Kendati Provinsi Bengkulu memiliki beragam persoalan, bagi Rohidin merupakan tantangan yang harus dihadapi bukannya diratapi. Dirinya yang juga dikenal sebagai motivator, terus berusaha membangkitkan kepercayaan publik dan membangkitkan rasa percaya diri masyarakat Provinsi Bengkulu akan beragam potensi provinsi yang dikenal dengan Bumi Raflesia itu.




Editor : Redaksi


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.